Sekolah Online

Seiring kemajuan teknologi dan desakan situasi pandemi, saat ini sekolah online sudah mulai digunakan oleh hampir semua kalangan lembaga pendidikan. Baik itu lembaga pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi.

Sekolah online sendiri merupakan metode pembelajaran yang dilakukan secara virtual atau online. Media yang akan digunakan adalah platform khusus yang dibuat untuk interaksi antara pengajar dan pelajar. Sain itu koneksi internet menjadi hal pokok yang dibutuhkan untuk melakukan sekolah online ini.

Keunggulan Sekolah Online

Meskipun pada dasarnya sistem pembelajaran itu baiknya dilakukan secara tatap muka, namun pembelajaran yang dilakukan secara online ini ternyata juga punya pengaruh yang cukup menguntungkan bagi beberapa pihak. Apa saja keuntungan atau keunggulan tersebut?

  1. Fleksibel Waktu dan Tenaga

 

Keuntungan pertama dari sekolah virtual atau online adalah fleksibel dalam hal waktu dan tenaga. Dengan sekolah virtual, siswa jadi bisa menyesuaikan waktu saat pembelajaran berlangsung dan saat ada jeda.

 

Sehingga pada saat jeda tersebut, siswa jadi lebih mudah jika ingin melakukan aktivitas lain saat di rumah. Begitupun dengan tenaga, siswa jadi tidak perlu pergi ke sekolah karena semua aktivitas belajar dilakukan di rumah saja.

 

  1. Pengawasan Orang Tua Lebih Baik

 

Saat kegiatan sekolah dialihkan di rumah, peran orang tua sebagai pengawas pun harus dikerahkan dengan baik. Dengan pengawasan orang tua, siswa jadi lebih terarah untuk fokus belajar. Meskipun kadang kala ada juga melakukan sekolah di luar rumah, dengan alasan mencari koneksi jaringan internet yang tidak ada di rumah.

 

  1. Pengeluaran Uang Saku Lebih Terkondisikan

 

Dalam hal ini, pihak orang tua akan lebih diuntungkan karena uang saku siswa jadi lebih terkondisikan. Hal ini juga mengingat siswa yang hanya belajar di rumah, sehingga makan dan minum sudah tersedia di rumah tanpa harus membeli di luar.

 

  1. Menambah Wawasan Teknologi

 

Di era yang sudah serba digital ini, memang menuntut semua orang untuk bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang ada. Hal ini karena berbagai kalangan sudah mulai menggunakan teknologi untuk memudahkan banyak aktivitas.

 

Sah satu contohnya adalah penggunaan aplikasi ujian berbasis komputer. Dengan adanya aplikasi ujian ini, para pelajar tidak perlu menggunakan kertas atau alat tulis menulis lagi. Pelajar hanya perlu media untuk bisa menggunakan aplikasi online tersebut.

 

Ujian pun bisa dilakukan dari rumah saja tanpa harus datang ke sekolah dan tanpa pengawasan offline dari guru tentunya. Meski begitu, developer aplikasi biasanya telah menyediakan timer atau batas waktu untuk mengerjakan ujian. Dengan begitu dapat meminimalisir kecurangan.

 

  1. Memperluas Pengetahuan Pelajaran Sekolah

 

Saat sekolah offline, biasanya guru dan murid hanya terpaku pada buku panduan atau buku pelajaran offline yang isinya sudah disesuaikan dengan kurikulum. Namun saat sekolah dilakukan secara online, murid bisa mencari sumber materi dari berbagai sumber lain.

 

Apalagi ilmu pengetahuan apapun saat ini terbuka luas di internet. Sehingga akan lebih memudahkan siswa untuk mendalami pengetahuan tersebut. Saat ini juga sudah banyak sekali buku digital sekolah yang khusus dibuat untuk pelajar daring.

Baik proses belajar maupun ujian sekolah berbasis komputer, saat ini memang sedang marak-maraknya digunakan. Berbagai keuntungan pun bisa didapat dari sekolah virtual tersebut. Namun tentu saja ada nilai kurangnya dari sistem ini.

Contohnya saja seperti kecenderungan sosialnya menjadi kurang. Hal ini karena interaksi siswa dengan siswa lainnya maupun pada sang guru jadi sangat kurang. Selain itu, proses belajar akan kurang nyaman dirasakan karena pengawasan guru yang kurang efektif selama belajar online.

 

Tinggalkan komentar