Belajar Macam Gangguan Jantung di Aplikasi SehatQ

Penyakit jantung adalah sala satu penyakit yang ditakuti oleh kebanyakan orang. Bagaimana tidak, penyakit jantung ini menjadi pemicu kematian paling sering. Pola hidup yang tidak sehat, menjadi salah satu hal sebab adanya gangguan atau penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dialami oleh siapapun bahkan anak kecil sekalipun, tergantung jenis penyakit jantungnya. Penyakit jantung tentu harus ditangani secara langsung oleh dokter jantung atau kardiologi, agar pengobatan terbaik bisa dilakukan.

Berbicara soal penyakit jantung, ternyata penyakit ini punya beberapa macam. Setiap macam penyaku jantung ini punya beberapa gejala yang berbeda. Tingkat kesulitan penanganannya juga berbeda. Karenanya dokter jantung harus secara langsung turun tangan untuk mengatasi penyakit ini. Tak heran jika pengetahuan dan kemampuan spesialis kardiologi ini sangat diharapkan optimal.

Macam-macam Kelainan Jantung

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyakit jantung memiliki beberapa jenis. Tiap jenisnya ini punya gejala yang berbeda. Meskipun begitu, semua kelainan jantung ini sama-sama memiliki resiko yang besar jika tidak ditangani dengan baik. Apa saja macam-macam kelainan jantung tersebut? Berikut ini beberapa jenisnya:

  1. Aritmia

 

Aritmia ini merupakan gangguan atau kelainan yang terjadi pada ritme detakan jantung. Ritme detakan bisa terlalu lambat atau bahkan terlaku cepat. Terjadinya Aritmia ini berhubungan dengan rangsangan listrik jantung yang mengalami gangguan.

 

Gangguan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk karena ada riwayat kelainan jantung lainnya. Gejala umum Aritmia ini biasanya penderita akan merasa dada berdebar tak beraturan hingga membuat pusing dan ingin pingsan. Nyeri pada dada juga kerap dirasakan penderita kelainan ini.

 

  1. Koroner

 

Kelainan jantung ini cukup umum dialami kebanyakan orang. Kondisi kelainan jantung koroner ini merupakan kondisi yang mana arteri mengalami penyempitan. Penyempitan yang terjadi biasanya diakibatkan oleh adanya tumpukan kolesterol dan pengerasan arteri.

 

Gejala yang biasa dialami oleh penderita kelainan jantung ini adalah sesak nafas, mual, nyeri pada beberapa bagian tubuh (leher, lengan, dada, punggung, rahang, dan tenggorokan), hingga tubuh mengeluarkan keringat dingin.

 

  1. Kardiomiopati

 

Sedikit berbeda dari dua kelainan jantung di atas, kardiomiopati ini biasanya dialami karena keturunan genetik. Namun ada juga penderita kelainan ini yang disebabkan adanya riwayat jantung koroner dan penuaan, bahkan gagal jantung juga bisa menyebabkan munculnya kardiomiopati.

 

Kardiomiopati ini terjadi dengan kondisi otot jantung yang membesar dan mengeras. Saat otot sudah mengeras hingga kaku, maka proses pemompaan darah pun tidak bisa berjalan dengan normalnya. Gejala yang muncul umumnya batuk-batuk, kaki bengkak, dan  sesak nafas. Namun beberapa gejala ini biasanya hanya akan muncul saat sudah memasuki kondisi parah.

 

  1. Endokarditis

 

Bagi masyarakat awam, istilah kelainan jantung yang satu ini mungkin masih asing. Endokarditis merupakan kondisi kelainan pada bagian jaringan ikat yang menjadi lapisan dinding dan katup jantung. Jadingan ikat ini mengalami infeksi akibat luka yang ada pada tubuh dan terbawa hingga ke dinding jantung tersebut.

 

Infeksi yang terjadi bisa disebabkan oleh penggunaan NAPZA, jarum tato yang tidak steril, ada luka pada mulut atau bagian tubuh lain, dan akibat pemakaian kateter. Gejala umum yang terjadi pada penderita diantaranya; nyeri dada saat nafas, sering mengalami demam hingga menggigil, bunyi detakan jantung tak beraturan, tungkai dan perut bengkak, dan pada malam hari sering berkeringat secara berlebihan.

Nah beberapa jenis kelainan jantung di atas bisa mulai diwaspadai dari sekarang. Anda bisa lakukan konsultasi dengan program buat janji dokter yang ada di laman web SehatQ.com.

 

 

Tinggalkan komentar