Poin Penting Pembuatan Laporan Keuangan Mayora

Seperti yang sudah Anda tahu, Mayora merupakan salah satu perusahaan besar dan ternama di Indonesia. Ada banyak sekali produk yang dihasilkan dan dipasarkan oleh perusahaan besar yang satu ini. Dibalik kesuksesan Mayora, tentu ada yang namanya pembuatan laporan keuangan. Laporan keuangan Mayora ini dibuat dalam kurun tahunan, meskipun mungkin perusahaan juga menyiapkan laporan bulanan.

Perusahaan sebesar Mayora pun tentu tidak membuat laporan keuangan secara asal-asalan. Semua harus disepadankan dengan aturan akurat akuntansi. Dengan laporan keuangan yang sesuai kode etik akuntasi ini, tentunya semua orang akan merasa nyaman dengan keberadaan Mayora di lingkungan masyarakat. Hal ini juga akan membawa nama baik Mayora di hadapan khalayak umum. Lantas apa sih pentingnya membuat sebuah laporan keuangan bagi perusahaan?

Alasan Pentingnya Laporan Keuangan Mayora

Seperti yang dikatakan di atas, Mayora selalu membuat laporan keuangan tahunan perusahaan. Tentu hal ini juga dilandasi oleh beberapa alasan. Sehingga laporan keuangan ini jadi yang sangat penting. Apa saja alasan yang dimaksud? Berikut ini beberapa poin pentingnya:

  1. Memudahkan Pemantauan Perkembangan Perusahaan

 

Sebagai perusahaan besar, perkembangan Mayora tentu tidak hanya diawasi oleh seorang owner saja. Berbagai pihak yang merasa turut andil dan memegang sahamnya, juga memiliki hak untuk mengawasi jalannya perkembangan perusahaan Mayora. Dengan melihat laporan keuangan perusahaan, maka para pihak yang turut andil ini akan lebih mudah melakukan pengawasan demi kebaikan perusahaan dan keuntungan bersama.

 

  1. Informasi Aset Perusahaan

 

Dalam perkembangannya, Mayora tentu memiliki berbagai aset yang terus bertambah. Meskipun itu hanyalah aset kecil yang tak berharga, namun keberadaannya tetap harus tercatat dalam laporan tahunan. Dengan begitu pengawas juga jadi tahu apa saja aset yang dimiliki oleh perusahaan ini.

 

  1. Berperan Mengontrol Biaya Pengeluaran

 

Setiap perusahaan sudah pasti memiliki biaya pengeluaran. Jika anggaran dana untuk pengeluaran ini tidak diolah dengan benar, maka tentu lama kelamaan perusahaan akan mengalami kebangkrutan. Karenanya dibuatlah laporan keuangan agar tampak jumlah pengeluaran yang telah dikeluarkan perusahaan. Dengan begitu, pengelola perusahaan juga jadi bisa melakukan kontrol dengan baik.

 

  1. Mengetahui Hutang Piutang

 

Meskipun merupakan perusahaan besar, namun tidak menutup kemungkinan perusahaan Mayora melakukan kegiatan hutang piutang. Agar bisa terselesaikan, tentu dibutuhkan laporan keuangan yang mencatat hutang piutang ini. Sehingga perusahaan jadi bisa dikontrol dengan baik agar segera terbayarkan hutangnya.

 

  1. Penentuan Pajak

 

Laporan keuangan punya peran yang sangat penting untuk menentukan seberapa besar pajak yang harus dibayarkan. Dengan melihat hasil laporan keuangan, maka perusahaan jadi bisa menghitung dengan mudah berapa nominal pajak yang harus dikeluarkan.

Tinggalkan komentar